Pasang Panel Surya di Rumah Bisa Hemat Pemakaian Listrik dari PLN

Pasang Panel Surya di Rumah Bisa Hemat Pemakaian Listrik dari PLN

Pasang Panel Surya di Rumah Bisa Hemat Pemakaian Listrik dari PLN

Tak bisa dipungkiri bahwa untuk pemenuhan energi listrik di rumah dapat menjadi beban pengeluaran bulanan yang tak murah lagi. Bagaimana tidak, anggaran yang diperlukan untuk biaya pemakaian listrik dapat menguras kantong jika tidak dapat menggunakannya secara bijak.


Untuk menekan beban biaya pemakaian listrik di rumah, hal yang mesti dilakukan adalah dengan cara menghematnya. Dengan demikian kebutuhan listrik tetap terpenuhi, namun pengeluaran bulanan akan lebih hemat.


Akan tetapi bagaimana jika telah menghematnya, namun biaya pengeluaran dirasa masih tinggi?


Menggunakan energi sinar matahari yang diubah menjadi energi listrik dapat menjadi pilihan, yaitu dengan memanfaatkan panel surya/solar cell. Tidak diperlukan lahan yang luas, karena dapat dipasang pada atap rumah.


Dengan menggunakanan panel surya setiap rumah bisa memanfaatkan energi listrik yang berasal dari sinar matahari. Dengan demikian penggunaan listrik dari PLN dapat lebih hemat, sehingga biaya pemakaian listrik pun akan lebih hemat.


Dilansir dari rumah.com, untuk alat yang termasuk dalam lima solar panel berukuran 160cm x 110cm x 3,5cm beserta aki dibanderol harga Rp26 juta. Pemasangan panel surya ini dapat mengakomodir kebutuhan listrik sekitar 1.000 WP.


Jika melihat angka sebesar Rp. 26.000.000 yang belum termasuk biaya untuk pemasangan memang sepertinya mahal. Namun jika melihat dari sudut penghematan biaya listrik per bulannya, angka itu dapat dikatakan sebagai investasi.


Dengan memadukan energi listrik yang berasal dari PLN dan panel surya, tentu saja akan meminimalisir biaya untuk membeli pulsa atau beban rekening listrik. Sehingga pemanfaatan sumber energi dari sinar matahari ini akan sangat menguntungkan.


Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Panel Surya di Rumah


Untuk lokasi pemasangan panel surya pada atap rumah (rooftop) tidak ada syarat khusus yang harus terpenuhi, yang terpenting mendapatkan sinar matahai secara sempurna tanpa terhalangi oleh pohon, bangunan, maupun benda-benda lainnya.


Jika memasang panel surya di rumah itu menguntungkan, tak usah ragu untuk menggunakanya. Di Indonesia, sinar matahari merupakan sumber energi yang tersedia secara melimpah sehingga panel surya sepertinya akan mendapatkan pasokan energi dari matahari lebih dari cukup.


Jadi daripada dipusingkan dengan biaya pemakaian listrik dari PLN, yang mungkin saja suatu saat bisa naik kembali. Maka menggunakan panel surya untuk menunjang pemenuhan kebutuhan listrik di rumah merupakan sebuah pilihan yang bijak.

Load comments