Kenali Bagian-bagian Tangga dan Fungsinya

Tangga terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Berikut bagian-bagian tangga beserta fungsinya
Kenali Bagian-bagian Tangga dan Fungsinya

Tangga merupakan penghubung antar 2 bidang secara vertikal. Pada rumah tingkat tentu saja membutuhkan tangga sebagai penghubung antar lantai.

Sebelum membuat tangga alangkah baiknya jika telah mengenal bagian-bagian tangga beserta fungsinya, sehingga akan menjadi informasi yang tentunya akan berguna.

Ibu tangga, anak tangga, bordes, railing, dan baluster merupakan bagian-bagian tangga. Pastinya sudah banyak yang mengenalnya, tapi sudah tahukah fungsi dari masing-masing bagian tangga itu.

Berikut fungsi beserta penjelasannya:

Kenali Bagian-bagian Tangga dan Fungsinya

Ibu Tangga

Merupakan bagian dari tangga yang berfungsi untuk mengikat atau sebagai penopang dari anak tangga. Jadi ibu tangga adalah sebagai kekuatan utama dari kontruksi tangga yang dapat terbuat dari kayu, baja, besi, dan beton. Ibu tangga dapat terletak di tengah atau tepi dari susunan anak tangga, bahkan pada desain tertentu dapat disembunyikan pada dinding sehingga akan tampak seperti tanpa ibu tangga.

Anak Tangga

Merupakan bagian tangga yang digunakan sebagai pijakan saat menaiki dan menuruni tangga. Seperti ibu tangga, anak tangga juga dapat terbuat dari kayu, baja , besi, dan beton, bahkan ada juga anak tangga yang terbuat dari kaca.

Untuk anak tangga yang terbuat dari beton, biasanya pada permukaannya akan di pasang keramik, marmer, granit, atau dapat juga dilapisi dengan kayu. Dalam pembuatan tangga dapat memadukan material yang berbeda antar ibu tangga dengan anak tangga.

Bordes

Merupakan bagian tangga yang berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat atau sebagai tempat pemberhentian sejenak ketika menaiki atau menuruni tangga. Pada model tangga letter U dan letter L, biasanya bordes terletak pada belokan tangga. Ukuran bordes lebih luas daripada anak tangga, dan sebaiknya tetap sama lebar dengan tangga.

Namun bordes dapat dikembangkan menjadi mezzanine, yaitu ruang pemberhentian sejenak antara 2 lantai yang difungsikan sebagai ruangan. Anda dapat menjadikan ruang pemberhentian tersebut sebagai ruang keluarga, ruang baca, tempat bermain game, dan lain-lain.

Ukuran mezzanine dapat disesuaikan dengan kebutuhan, akan tetapi sebaiknya tetap mempertimbangkan nilai estetikanya. Jadi lebar mezzanine tidak harus sama dengan lebar tangga.

Railing

Merupakan bagian tangga yang digunakan sebagai pegangan ketika menaiki serta menuruni tangga. Railing sangat diperlukan karena akan memberikan keamanan dan kenyamanan.

Baluster

Adalah bagian tangga yang berfungsi sebagai penyangga dari railing dan sebagai pembatas/pagar pada sisi tangga sehingga akan memberikan keamanan terutama pada anak-anak saat menaiki dan menuruni tangga.

Untuk membuat tangga yang baik tentu saja bukan hanya dengan mengetahui nama dari bagian-bagian tangga saja. Ada beberapa hal yang sebaiknya terpenuhi, agar mudah, aman, dan nyaman digunakan serta memiliki nilai estetika.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.