Ukuran Ideal Dimensi Anak Tangga

Ukuran Ideal Dimensi Anak Tangga

Ukuran Ideal Dimensi Anak Tangga

Sangatlah perlu memperhatikan tentang ukuran ideal anak tangga, baik itu panjang, lebar, dan tingginya. Bukan hanya itu saja, bahkah tinggi bebas berdiri pun juga perlu mendapatkan perhatian yang serius, agar keamanan, kemudahan, dan kenyamanan dapat diperoleh ketika digunakan.


Untuk dapat membuat anak tangga dengan ukuran yang ideal, luas dan tinggi ruang tentu saja harus cukup. Model tangga akan berkaitan dengan luas ruang yang dibutuhkan, apakah memanjang, melingkar, Letter L, Letter U, atau bentuk yang lainnya. Pada umumnya tangga dengan model letter L dan letter U yang sering diaplikasikan pada rumah.


Berikut ukuran dimensi ideal untuk anak tangga dan bordes:


Panjang Anak Tangga


Lebar badan orang dewasa rata-rata 60 cm, sehingga minimal panjang anak tangga 70 cm dan idealnya adalah 80 cm jika didesain untuk dilewati oleh 1 orang secara dominan. Namun jika menginginkan dapat dilalui oleh 2 orang secara bersama-sama maka panjangnya lebih dari 80 cm, yaitu minimal 120 cm.


Lebar Anak Tangga (antrade)


Lebar minimal anak tangga disesuaikan dengan panjang telapak kaki rata-rata orang dewasa. Jika kurang dari itu bisa membahayakan karena dapat menyebabkan terpeleset, hal ini disebebakan karena telapak kaki tidak menapak secara sempurna pada anak tangga. Namun jika terlalu lebar akan menyita banyak ruang dan tidak sesuai dengan lebar langkah kaki.


Rata-rata lebar telapak kaki orang dewasa sekitar 25 cm, mungkin juga ada yang lebih dari itu. Jadi lebar anak tangga untuk rumah tempat tinggal paling tidak 27 cm dan lebar idealnya adalah 30 cm.


Tinggi Anak tangga (optrade)


Anak tangga yang terlalu tinggi dapat membuat cepat lelah ketika menaiki tangga, sedangkan ketika menuruninya bisa berbahaya karena seperti turunan yang curam. Jika terlalu pendek dapat berbahaya karena bisa saja ketika terburu-buru langkah kaki akan melompati satu anak tangga sehingga dapat mengakibatkan terpeleset.


Tinggi maksimal anak tangga yaitu 20 cm, sedangkan idealnya adalah antara 17 cm hingga 19 cm. Tinggi anak tangga ini berkaitan dengan tinggi dari bangunan rumahnya, jadi sesuaikanlah dengan tetap memperhitungkan tinggi idealnya agar langkah kaki tetap aman dan nyaman ketika menaiki dan menuruni tangga.


Baca juga: Kenali Bagian-bagian Tangga dan fungsinya


Dimensi bordes


Tangga yang terdapat belokan seperti model latter L dan letter U biasa terdapat bordes, yaitu jeda pada tangga yang mempunyai ukuran lebih luas dari anak tangga namun tingginya tetap sama dengan anak tangga.. Luas bordes ini dapat disesuai dengan desain tangga atau ruang yang tersedia, yaitu bisa berbentuk bujur sangkar, persegi panjang, atau mezanine.


Untuk yang berbentuk bujur sangkar, panjang setiap sisinya sama dengan panjang anak tangga. Misalnya panjang anak tangga adalah 80 cm, maka panjang setiap sisi bordes juga 80 cm.


Sedangkan yang berbentuk persegi panjang, untuk panjangnya bisa disesuaikan dengan ruang yang tersedia asalkan tidak kurang dari panjang anak tangga dan lebarnya dapat dibuat sama dengan ukuran panjang dari anak tangga.


Misalnya panjang anak tangga 80 cm, maka lebar bordes juga dibuat 80 cm sedangkan panjangnya dapat menyesuaikan dengan ruang yang diperuntukan bagi bordes.


Jika bordes akan difungsikan sebagai mezanine, maka luasnya diperhitungkan dengan mempertimbangkan tujuan dari pembuatan mezanine itu sendiri.

Load comments