Penyebab Lantai Keramik Menggelembung, Retak, Terangkat, Meledak, dan Pecah (popping)

Lantai keramik menggelembung, retah, terangkat, meledak, dan pecah (popping) dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti berikut ini
Penyebab Lantai Keramik Menggelembung, Retak, Terangkat, Meledak dan Pecah (popping)

Tak jarang kita temui permasalahan pada lantai keramik seperti menggelembung, retak, atau pecah, baik itu di rumah, tempat kerja, maupun tempat lainnya.

Bahkan mungkin ada yang pernah menyaksikan ketika lantai keramik retak kemudian terangkat dan pecah disertai dengan suara yang teramat keras seperti ledakan.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, mulai dari kesalahan konstruksi, kurangnya pengetahuan dan pengalaman tukang pemasangnya sehingga kualitas lantai keramik kurang bagus.

Selain itu, kondisi alam seperti cuaca misalnya, ternyata juga dapat berpengaruh terhadap retak dan meledaknya lantai keramik.

Berikut penyebab lantai keramik menggelembung, retak, pecah, hingga meledak:

  • Semen sebagai perekat keramik tak dapat berfungsi dengan baik, yaitu tidak merekat permukaan keramik atau permukaan lantai kerja (lantai sebelum di pasang keramik). Penyebabnya bisa karena kualitas adukan semen dan pasir kurang bagus atau tidak pas perbandingannya.
  • Sebelum dipasang, keramik tidak direndam di dalam air terlebih dahulu. Padahal agar semen dapat melekat dengan baik pada permukaan keramik maka harus dilakukan perendaman paling tidak selama 1 jam.
  • Bagian nat tidak seluruhnya terisi semen, nat merupakan sambungan atau pertemuan antar sisi keramik yang satu dengan lainnya.
  • Kondisi bagian bawah keramik dalam keadaan basah, lembab, atau berjamur, atau bisa juka karena terdapat rongga yang terisi air.
  • Beban berlebih pada lantai keramik.
  • Adanya perubahan pada tanah bagian bawah keramik, seperti turun misalnya.
  • Lantai keramik pernah terkena banjir yang mengkibatkan tanah di bawahnya turun.
  • Adanya pemuaian karena kondisi cuaca yang berubah dari dingin ke panas, kualitas keramik yang buruk akan mudah retak dan pecah pada kondisi seperti ini.

Itulah beberapa penyebab menggelembunya lantai keramik, retak, terangkat,meledak, dan pecah atau yang dikenal dengan istilah popping.

Maka untuk meminimalisirnya, pilihlah keramik dengan kualitas yang bagus dan juga gunakan jasa tukang yang telah berpengalaman dan profesional dalam pemasangan keramik.

Referensi:
www.muliaceramics.com

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.