Ukuran Standar Lemari Pakaian

Sebelum membeli lemari pakaian ada baiknya jika mengetahui ukuran standar panjang, lebar, dan tingginya.
Ukuran Standar Lemari Pakaian

Lemari pakaian bukan hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan pakaian saja, lebih dari itu dapat difungsikan untuk menambah estetika pada kamar tidur. Selain model dan bahan material untuk membuatnya, ukuran lemari menjadi hal yang teramat penting untuk diselaraskan dengan ruang dimana ia akan diletakan.

Ketika memutuskan untuk membeli lemari pakaian, ketahui lebih dulu ukuran standarnya karena lemari pakaian yang dijual itu ada 2 pintu, 3 pintu, 4 pintu, dan seterusnya. Jangan karena alasan agar muat banyak lalu mengabaikan luas ruang kamar tidur, sehingga antara ukuran lemari dan ruangya tidak serasi.

Artinya jika lemari terlalu besar sedangkan kamar kamar tidur berukuran sempit, justru akan mengurangi estetika dan kenyamanan ketika beraktifitas pada kamar tidur itu.

Begitu pula ketika memutuskan untuk memesan langsung kepada pembuatnya, jangan sampai mengurangi lebarnya hingga kurang dari batas minimalnya karena bisa membuat lemari pakaian tidak dapat difungsikan dengan baik.

Berikut ukuran standar lemari pakaian:

Panjang

Ukuran panjang standar lemari pakaian untuk satu pintu dengan bukaan biasa (engsel) adalah 50 cm – 60 cm, jadi jika 2 pintu berarti 100 cm – 120 cm, jika 3 pintu 150 cm – 180 cm, dan seterusnya. Untuk lemari yang menggunakan daun pintu geser hendaknya dibuat lebih panjang, yaitu minimal 55 cm.

Lebar

Ukuran lebar/kedalaman lemari pakaian standar yang biasa digunakan adalah 60 cm. Jika ingin menguranginya perlu mempertimbangkan pengaruhnya terhadap gantungan baju.

Panjang gantungan baju (hanger) untuk orang dewasa biasanya berkisar antara 35 cm hingga 40 cm, sehingga lebar minimal lemari pakaian dapat dibuat menjadi 45 cm.

Mengurangi lebar lemari dari ukuran yang biasa digunakan, yaitu 60 cm memang dapat membuat kamar tidur menjadi lebih lega. Namun perlu juga mempertimbangkan kondisi baju ketika digantung pada lemari, terutama untuk lengan baju yang kemungkinan dapat terlipat.

Tinggi

Ukuran standar lemari adalah 180 cm hingga 200 cm, namun untuk tingginya dapat disesuaikan dengan ruang di mana lemari pakaian itu diletakan. Semakin tinggi tentunya akan membuat semakin banyak kapasitas penyimpanan. Hanya saja idealnya tinggi lemari pakaian disesuaikan dengan tinggi penggunanya agar mudah dicapai.

Jarak antar ambalan/rak

Ambalan atau rak pada lemari pakaian biasanya digunakan untuk menyimpan pakaian-pakaian yang telah dilipat.

Jarak antara ambalan yang satu dan lainnya (tinggi ambalan) berkisar 40 cm atau bisa juga dibuat lebih dari itu, hingga 80 cm misalnya. Jadi untuk ketinggian ambalan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah ukuran standar lemari pakaian yang biasa digunakan, baik untuk panjang, lebar, tinggi, serta jarak antara ambalan yang satu dengan lainnya.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.