Tips Membeli Lemari Pakaian yang Ideal

Tips Membeli Lemari Pakaian yang Ideal

Tips Membeli Lemari Pakaian yang Ideal

Lemari pakaian berfungsi untuk menyimpan pakaian agar terjaga kebersihannya, terhindar dari debu, kotoran, hingga kuman. Dengan cara penyimpanan yang baik dan rapi, kualitas pakaian juga dapat terjaga.


Walau bukanlah termasuk dalam kebutuhan pokok, lemari pakaian bisa dikatakan penting keberadaannya. Bukan hanya sebagai tempat penyimpanan saja ternyata juga dapat dijadikan sebagai dekorasi pada sebuah ruangan.


Sehingga dengan pemilihan yang tepat, tampilan kamar tidur akan lebih indah. Bukankah pada umumnya lemari pakaian ditempatkan pada kamar tidur?


Berikut tips membeli lemari pakaian yang ideal:


Ketahui ukuran standarnya


Ukuran menjadi sangat penting, jika membeli lemari pakaian lebih dari 2 pintu bisa membuat kamar tidur menjadi sempit sehingga aktifitas menjadi kurang leluasa.


Sebaliknya jika membeli yang 2 pintu, penyimpanan menjadi terbatas padahal pakaian begitu banyak sehingga ada rasa khawatir jika tidak muat ketika membelinya.


Ketika memutuskan untuk membeli dengan cara memesan langsung kepada pembuatnya, memang dapat disesuaikan dengan luas kamar tidur. Namun jangan sampai lebar lemari kurang dari ukuran standar yang biasa digunakan, agar lengan pakaian tidak terlipat ketika digantung sehingga kerapian tetap dapat terjaga.


Jadi idealnya lemari pakaian yang dibeli mempunyai ukuran yang tepat sesuai dengan luas kamar tidur dan dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan pakaian dengan baik dan mudah.


Baca juga: Ukuran Standar Lemari Pakaian


Pilih material yang berkualitas


Lemari pakaian yang terbuat dari material yang kuat akan membuatnya lebih awet, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang dalam jangka waktu yang pendek karena harus kembali membelinya.


Lemari pakaian yang terbuat dari material yang berkualitas, juga akan lebih aman untuk mempertahankan kualitas pakaian yang tersimpan di dalamnya.


Lemari pakaian bukan hanya terbuat dari kayu saja, namun kini banyak yang terbuat dari kayu olahan seperti MDF, tripleks, multipleks, dan lain-lain. Sebaiknya material lemari disesuaikn dengan desain ruangnya, jadi antara keduanya mempunyai keterkaitan.


Baca juga: Jenis-jenis Kayu Olahan


Desain sesuai kebutuhan


Untuk kamar tidur dengan ukuran yang luas mungkin bisa lebih leluasa dalam memilih desainnya, namun akan berbeda dengan yang mempunyai ukuran kecil. Jadi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan saja, dengan tetap mempertimbangkan kondisi dari ruang kamar tidur.


Memilih lemari pakaian dengan cermin di pintunya dapat menjadi pilihan, sehingga menjadi fungsional. Lemari dengan pintu geser juga dapat menjadi pilihan bagi yang mempunyai kamar dengan luas terbatas.


Warna sesuai dengan tema ruangnya


Warna menjadi penting karena dapat memberikan nuansa atau menciptakan kesan tertentu pada ruang. Lemari pakaian termasuk elemen pembentuk warna pada ruang, silakan pilih yang sesuai dengan tema dari kamar tidur Anda.


Harga sesuai dengan budget


Setelah menentukan ukuran yang tepat dan sebagainya, sesuaikah harga dengan budgetnya?


Jika dana yang tersedia ternyata kurang, ada baiknya jika menunda untuk membelinya. Jika nanti uang telah terkumpul sesuai yang dibutuhkan Anda dapat membelinya. Jadi jangan paksakan, karena lemari pakaian bukanlah kebutuhan pokok yang harus segera terpenuhi.


Semoga bermanfaat...

Load comments