Tips Membuat Carport di Rumah

Perlu perencaanaan yang baik dalam menentukan lokasi, ukuran, kontruksi dan material lantai, hingga atap carport.
Tips Membuat Carport di Rumah

Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika membuat carport. Jangan sampai karena perhitungan yang kurang tepat mengakibatkan tidak dapat difungsikannya carport sebagaimana mestinya.

Rencanakanlah dengan sebaik-baiknya tentang pemilihan lokasi, penentuan ukuran, dan pemilihan material untuk lantainya. Jika ingin menggunakan atap, perlu juga mempertimbangkan pemilihan materialnya agar dapat memperindah carport sekaligus rumah namun tetap sesuai dengan budgetnya.

Berikut tips membuat carport di rumah:

Lokasi

Pada umumnya carport terletak di samping atau depan rumah, tergantung ketersediaan lahan dan model rumahnya. Pemilihan lokasi biasanya yang paling dekat dengan jalan umum sekitar area rumah, dan dekat dengan pintu utama rumah. Silakan sesuaikan dengan ketersedian lahan dan tata ruang di rumah Anda.

Ukuran

Dalam menentukan ukuran carport bukan hanya didasarkan pada dimensi mobil semata atau kecukupan dalam memuat mobil yang dimiliki. Namun juga dipengaruhi oleh akses jalan pintu utama rumah dan juga pintu lain untuk menuju ke dalam rumah yang berada di belakang atau samping dari carport (jika ada).

Jika akses pintu utama rumah dari/ke jalan harus melewati carport, maka lebar carport harus disesuaikan agar tetap dapat dilalui minimal seukuran orang dewasa dengan mudah ketika ada mobil yang terparkir.

Begitu juga jika di samping atau belakang carport ada pintu untuk menuju ke dalam rumah, maka juga harus disesuaikan agar dapat digunakan untuk lalu lalang minimal seukuran orang dewasa. Namun jika dibelakangnya terdapat garasi maka paling tidak cukup untuk dilalui sepeda motor. Agar jika ada mobil yang terparkir, sepeda motor dapat mudah keluar masuk garasi.

Dalam membuat pagar rumah juga perlu mempertimbangkan lebar carport, jangan sampai dengan adanya pagar rumah justru dapat mengganggu kemudahan jalanya mobil dari jalan menuju carport atau sebaliknya. Jadi pertimbangan dalam menentukan lebar carport juga dengan memperhatikan lebar jalan di depannya.

Untuk panjangnya diusahakan agar mobil yang terparkir tidak melebihi panjang carport, sehingga bagian mobil tidak ada yang berada di bahu jalan. Selain dapat mengganggu kepentingan umum, sepertinya kendaraan bisa saja menjadi kurang aman dari tangan-tangan jahil.

Lantai

Lantai carport seharusnya dibuat dengan kontruksi yang kuat agar tidak mudah amblas. Untuk permukaan lantai juga dipilih material yang bertekstur agar tidak licin.

Lantai carport bisa dibuat bervariasi, misalnya bagian yang dilintasi roda mobil dibuat dengan plesteran sedangkan bagian lainya dengan menggunakan grass block agar dapat ditumbuhi rumput sekaligus sebagai media untuk resapan air. Atau bisa juga menggunakan material yang lain, seperti bebatuan, paving, keramik, dan lain-lain.

Atap

Carport bisa di pasang atap yang berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan, bisa menggunakan canopi baja ringan atau material yang lainnya. Penggunaan atap ini tidaklah harus, namun jika carport juga difungsikan sebagai tempat layaknya garasi mobil maka ada baiknya jika menggunakan atap.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.