Ukuran Minimal dan Idealnya Carport di Rumah

Ukuran Minimal dan Idealnya Carport di Rumah

Ukuran Minimal dan Idealnya Carport di Rumah

Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika membuat carport. Jangan sampai karena perhitungan yang kurang tepat mengakibatkan tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.


Sebagai contoh, pernah kami menjumpai carport pada suatu rumah. Terletak disamping pintu utama rumah, tepatnya mulai dari teras dan memanjang ke dalam area rumah. Perlu diketahui bahwa antara teras rumah dan jalan umum di depan rumah tidak ada jeda sama sekali, jadi teras berbatasan dengan jalan umum begitu juga dengan carport.


Entah mengacu pada dimensi mobil apa yang menjadi dasar ukurannya, sepertinya yang penting cukup untuk satu mobil itu saja hingga mengabaikan bagaimana keluar/masuknya mobil pada carport.


Ketika telah selesai di bangun, ternyata ruang itu tidak dapat difungsikan dengan baik. Sangat sulit ketika memasukan/mengeluarkan mobil, kalaupun bisa akan membutuhkan waktu cukup lama dan penuh kehati-hatian agar mobil tidak menggesek/menabrak dinding.


Jika melihat kondisi jalan di depan rumah yang hanya berukuran selebar mobil, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena kurang lebarnya ukuran carport sehingga mobil tidak punya cukup ruang ketika berbelok.


Nah untuk menghindari permasalah seperti di atas, sebelum membuatnya ketahui dahulu ukuran minimal dan idealnya carport.


Ukuran Minimal Carport


Perlu mengetahui dimensi/ukuran mobil yang akan dijadikan dasar ukurannya. Tambahkan 120 cm untuk panjangnya, yaitu 100 cm sebagai ruang antara mobil dengan jalan atau dengan pintu pagar rumah (jika ada) dan 20 cm sebagai ruang antara mobil dengan dinding rumah.


Untuk lebarnya tambahkan minimal 100 cm, yaitu 80 cm untuk jarak antara mobil dengan dinding sekaligus sebagai ruang gerak orang dan barang ketika berada di samping mobil dan 20 cm untuk ruang antara mobil dengan dinding untuk sisi mobil yang lain.


Sedangkan tinggi carport dapat di tambah 100 cm dari ketinggian mobil, atau bisa menyesuaikan dengan bangunan rumahnya.


Contoh:


Dimensi mobil Mitsubishi Xpander adalah:

Panjang = 4.475 mm
Lebar = 1.750 mm
Tinggi = 1.695 mm

Maka ukuran minimal carport berdasarkan dimensi mobil Mitsubishi Xpander yaitu:

Panjang = 4.475 mm + 1.200 mm

= 5.675 mm; bisa dibulatkan menjadi 5.700 mm (5,7 meter)
Lebar = 1.750 mm + 1.000 mm

= 2.750 mm (2,75 meter)
Tinggi = 1.695 mm + 1.000 mm

= 2.695 mm; bisa dibulatkan menjadi 2.700 mm (2,7 meter)

Baca juga:


Jika lebar jalan umum di depan carport hanya seukuran mobil, silakan tambahkan lebarnya 1,5 meter dari ukuran lebar mobil atau sesuaikan lebarnya agar mobil mempunyai cukup ruang untuk berbelok ketika keluar/masuk.


Ketinggian atap diukur dari lantai carport juga bisa dibuat dengan ketinggian 2,5 meter atau menyesuaikan kondisi bangunan rumahnya.


Jika lahan mencukupi silakan pilih mobil yang berukuran besar sebagai dasar perhitungan minimalnya. Agar jika kelak berganti mobil yang berdimensi lebih besar dari yang dimiliki saat ini, carport yang ada cukup memuatnya.


Ukuran Ideal Carport


Ukuran mobil yang dimiliki oleh masyarakat secara umum mempunyai ukuran sebagai berikut:

Panjang mobil antara 3,6 meter hingga 5 meter (ada yang lebih dari 5 m)

  • Lebar mobil antara 1,6 meter hingga 1,9 meter
  • Tinggi mobil antara 1,5 meter hingga 1,9 meter

Dari uraian dimensi mobil di atas dapat disimpulkan bahwa ukuran ideal carport untuk kapasitas 1 mobil adalah sebagai berikut:

  • Panjang ideal carport yaitu 6 meter
  • Lebar ideal carport yaitu 3 meter – 4 meter atau menyesuikan lebar jalan umum di depan carport, semakin lebar akan semakin memberikan banyak ruang bagi mobil ketika berbelok.
  • Tinggi ideal carport yaitu 2,5 meter atau menyesuaikan dengan bangunan rumah.

Itulah ukuran minimal dan ideal carport yang bisa juga diaplikasikan untuk garasi mobil di rumah. Jika menginginkan carport berkapasitas untuk 2 mobil atau lebih, maka jarak antara antar mobil minimal 70 cm dan idealnya 80 cm – 100 cm.

Load comments