Bedanya Keramik Dinding dan Keramik Lantai

Bedanya Keramik Dinding dan Keramik Lantai

Bedanya Keramik Dinding dan Keramik Lantai

Sering kita menjumpai pada rumah tempat tinggal ataupun pada bangunan lainnya dimana keramik bukan hanya diterapkan pada lantainya saja, tetapi juga pada dindingnya walau hanya area tertentu saja.


Keramik merupakan salah satu material yang banyak digunakan untuk melapisi baik dinding maupun lantai. Tujuan dari penggunaan keramik ini bermacam-macam, seperti agar lantai lebih bersih dan mudah dibersihkan atau agar dinding kelihatan lebih indah, awet, dan lain-lain.


Keramik dinding pada dasarnya memang didesain untuk diterapkan pada dinding, begitu juga dengan keramik lantai. Namun keramik dinding tidak harus diterapkan pada dinding tetapi bisa diterapkan pada lantai, begitu juga dengan keramik lantai bisa diterapkan untuk dinding.


Berikut perbedaan antara keramik dinding dan keramik lantai:


Fungsi

Keramik lantai berfungsi untuk melapisi/menutup lantai sedangkan keramik dinding berfungsi untuk menutup dinding. Walau sama-sama dapat memperindah ruangan, keramik dinding lebih fokus pada dekorasi.


Baca juga:


Ketebalan

Keramik lantai lebih tebal daripada keramik dinding.


Kekuatan

Keramik lantai didesain agar kuat dalam menopang beban, seperti saat diinjak ketika dilewati baik orang maupun barang dan juga ketika terbebani dengan furniture/perabotan rumah. Keramik dinding didesain bukan untuk menopang berat, tetapi lebih fokus untuk dekorasi.


Jadi dari segi kekuatannya, keramik lantai lebih kuat dalam menopang beban daripada keramik dinding. Maka jika ingin menerapkan keramik dinding pada lantai, sebaiknya terapkan pada area yang tidak terbebani dengan furniture/perabotan rumah.


Ukuran

Ukuran kedua jenis keramik ini ada yang sama juga ada yang berbeda.


Baca juga:

Permukaan keramik

Permukaan keramik dinding didesain lebih mengkilap dan licin, sedangkan keramik lantai bermukaannya bertekstur atau didesain agar tidak licin dengan tujuan agar tidak menyebabkan terpeleset ketika diinjak.


Desain dan warna

Karena keramik dinding lebih mendapat perhatian dari mata, maka kesempurnaan desain dan warna lebih tinggi bila dibandingkan dengan keramik lantai.


Baca juga: Yang Perlu Dilakukan Sebelum Membeli Keramik


Itulah perbedaan keramik dinding dan keramik lantai, semoga bermanfaat.

Load comments