Fungsi Pipa Udara pada Septic Tank

Fungsi pipa/lubang udara septic tank. Fungsi pipa/lubang angin-angin pada septic tank.

Merujuk pada wikipedia, Tangki septik (septic tank) merupakan tempat pembuangan yang dibuat tangki ini dibuat dengan bahan yang kedap air sehingga air dalam tangki septik tidak dapat meresap ke dalam tanah.

Fungsi Pipa Udara pada Septic Tank

Dalam tangki septik, air pembuangan dan bahan padat yang ikut diberi kesempatan membusuk dan musnah secara alami. Air yang keluar karena berlebih dibuang ke sumur septik yang dapat meneruskannya ke air tanah tanpa mengganggu kebersihan air tanah.

Idealnya septic tank dilengkapi dengan pipa udara, karena keberadaan pipa ini memiliki berbagai fungsi yang pada akhirnya akan bermanfaat baik bagi keberlangsungan dari septic tank itu sendiri, penghuni rumah, dan juga lingkungan tempat tinggal dalam jangka panjang.

Berikut beberapa fungsi dari pipa udara pada tangki septik (septic tank):

Untuk sirkulasi udara

Oksigen dibutuhkan oleh mikro organisme yang berada di dalam septic tank untuk kelangsungan hidupnya, dimana mikro organisme ini merupakan pengurai kotoran manusia. Jadi jika sirkulasi udara lancar maka pasokan oksigen juga akan lancar, sehingga mikro organisme dapat hidup dengan baik.

Sebagai jalan keluar dari biogas

Limbah dari manusia yang berada di dalam septic tank dapat menghasilkan biogas. Jika tidak tersedia jalan keluar untuk biogas itu maka dapat meracuni mikro orgaisme, akibatnya limbah tidak cepat terurai. Biogas juga akan mencari jalan untuk keluar, kemungkinan hal ini bisa mengakibatkan septic tank meledak.

Membuat septic tank tidak cepat penuh

Jika mikro organisme dapat hidup dengan baik, maka limbah manusia juga dapat terurai dengan cepat. Dengan demikian septic tank tidak cepat penuh, dan secara ekonomis ini sangat menguntungkan karena butuh waktu lama hingga Anda perlu menggunakan jasa sedot wc untuk mengosongkan septic tank.

Meminimalisir bau di kamar mandi

Adakalanya septic tank bukan hanya untuk menampung limbah manusia, tapi juga untuk pembuangan limbah dari kamar mandi dan cuci piring. Walaupun sebenarnya ini tidak dianjurkan, karena air sabun mandi, cuci pakaian, dan cuci piring akan membuat septic tank cepat penuh.

Nah hal yang demikian dapat menyebabkan bau dari septic tank masuk ke kamar mandi juga tempat cuci piring melalui saluran pembuangan masing-masing. Dengan adanya pipa udara akan meminimalisir bahkan menghilangkan bau, karena aroma tak sedap itu akan keluar melalui pipa udara.

Sebagai tanda letak septic tank

Pemilik rumah baru bisa saja bukan pemilik pertama yang mengerti proses pembangunannya atau bisa juga rumah yang ditempati merupakan warisan turun menurun sehingga tidak mengetahui seluk beluk bangunan rumahnya. Dengan adanya pipa udara, maka letak septic tank akan cepat diketahui.

Itulah beberapa fungsi pipa udara atau lubang angin-angin pada septic tank. Ternyata keberadaannya memang penting bukan?

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.