Panduan Membuat dan Merawat Septic Tank Rumah Tangga

Tips membuat septic tank yang tepat untuk rumah tangga, tips merawat septic tank rumah tangga

Septic tank adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengolahan limbah rumah tangga yang tidak terhubung ke sistem pembuangan kota. Pembuangan limbah rumah tangga ke dalam septic tank memungkinkan penguraian limbah oleh bakteri anaerobik sehingga air yang keluar dari septic tank menjadi lebih bersih sebelum diserap oleh tanah di sekitarnya. Membuat septic tank yang tepat dan benar adalah kunci untuk memastikan sistem pembuangan limbah rumah tangga berfungsi dengan baik dan ramah lingkungan.

Panduan Membuat dan Merawat Septic Tank Rumah Tangga

Berikut ini adalah panduan membuat septic tank yang tepat dan benar:

Perencanaan

Sebelum Anda memulai membangun septic tank, penting untuk melakukan perencanaan yang teliti terlebih dahulu. Pilihlah lokasi yang sesuai untuk septic tank, umumnya di bagian belakang atau samping rumah. Harap pastikan bahwa lokasi tersebut mematuhi peraturan setempat terkait dengan jarak minimum dari sumur air, batas properti, dan bangunan lainnya.

Ukuran

Ukuran septic tank perlu disesuaikan dengan jumlah orang yang tinggal di rumah dan seberapa banyak air yang digunakan. Terdapat formula standar untuk menghitung ukuran septic tank berdasarkan jumlah kamar mandi dan toilet yang akan terhubung. Silakan bicarakan dengan seorang ahli perencana sanitasi untuk menentukan ukuran yang tepat.

Material Konstruksi

Pilihlah material konstruksi yang kuat dan tahan terhadap korosi, seperti beton bertulang atau polietilena tinggi. Harap pastikan bahwa bahan tersebut sesuai dengan standar keamanan dan lingkungan yang berlaku.

Panduan Membuat dan Merawat Septic Tank Rumah Tangga
Contoh Toren/Tangki/Tandon Air Septic Tank Penguin
Cek Harga di Shopee

Kontruksi Bangunan

Berikut langkah-langkah membuat konstruksi bangunan septic tank:

Galian

Buatlah lubang galian sesuai dengan ukuran dan bentuk septic tank yang direncanakan.

Pembuatan Kerangka

Buat kerangka dari besi beton atau bahan lainnya sesuai dengan desain septic tank yang telah disiapkan.

Pengecoran

Cor septic tank menggunakan campuran beton yang kuat dan tahan terhadap tekanan air serta bahan kimia atau juga dapat menggunakan buis beton untuk sisi septic tank, namun untuk penutupnya tetap menggunakan cor.

Pemasangan Inlet dan Outlet

Pasang pipa inlet untuk memasukkan limbah rumah tangga ke dalam septic tank, dan pipa outlet untuk membuang air hasil pengolahan.

Ventilasi dan Aerasi

Pastikan bahwa septic tank telah dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik agar aliran udara yang cukup dapat terjamin. Aerasi yang baik akan membantu dalam proses penguraian limbah oleh bakteri anaerobik di dalam septic tank.

Perawatan

Setelah septic tank selesai dibangun, penting untuk melakukan perawatan secara berkala.

Berikut beberapa tips perawatan septic tank:

Sedot Septic Tank secara Berkala

Lakukan penyedotan secara teratur untuk menghilangkan lumpur dan endapan yang terbentuk di dalam septic tank.

Pemeliharaan Bakteri

Tambahkan bakteri pengurai secara berkala untuk membantu proses penguraian limbah.

Pencegahan Penggunaan Bahan Kimia Berlebihan

Hindari pembuangan bahan kimia berlebihan ke dalam sistem pembuangan, karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri di dalam septic tank.

Simpulan

Membangun septic tank yang tepat dan benar membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa sistem pembuangan limbah rumah tangga berfungsi efisien dan ramah lingkungan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli perencana sanitasi dalam pembangunan septic tank.

Baca juga :
Klik Desae Fashion atau Sae Galeri untuk melihat beragam produk menarik yang anda butuhkan.
Layanan pembelian disediakan oleh Shopee. Saat anda melakukan pembelian, memungkinkan bagi kami memperoleh komisi affiliasi.
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.