Yang Perlu Dihindari agar Septic Tank Tidak Cepat Penuh

Hindari hal-hal berikut ini agar septic tank tidak cepat penuh.
Yang Perlu Dihindari agar Septic Tank Tidak Cepat Penuh

Septic tank yang cepat penuh bisa menjadi masalah serius, karena dapat menyebabkan pembuangan dari wc menjadi tidak lancar. Apalagi jika wc menjadi mampet, maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Agar septic tank dapat difungsikan dengan baik dalam jangka waktu yang lama, maka perlu direncakan dengan baik dalam pembuatannya juga perlu perlu memperhatikan hal-hal seperti berikut ini:

Hindari septic untuk wc jadi satu dengan buangan air kamar mandi dan cuci

Hindari menggunakan satu septic tank untuk pembuangan limbah dari wc, kamar mandi, mesin cuci, tempat cuci piring, dan lain-lain. Wc harus mempunyai tempat pembuangan limbah sendiri, jika jadi satu dengan yang lainnya maka septic tank akan cepat penuh. Bukan karena penuh oleh limbah wc, tetapi akan cepat penuh dengan air bekas kamar mandi dan cuci.

Jadi septic tank hanya digunakan sebagai tempat pembuangan limbah dari wc saja, bukan untuk air bekas dari kamar mandi dan cuci. Jika memang pembuangan air bekas kamar mandi dan cuci harus dialirkan ke septic tank, maka janganlah mencampur septic tank wc dengan kamar mandi dan cuci tetapi buatlah secara terpisah.

Tidak membuat konstruksi resapan air kotor septic tank dengan baik

Air kotor di dalam septic tank yang tidak dapat meresap dengan baik dapat menyebabkan septic tank cepat penuh, sehingga ketika akan menggunakan wc harus menunggu air kotor itu meresap terlebih dahulu. Untuk itu maka perlu juga memperhatikan konstruksi resapan air kotor pada septic tank.

Konstruksi resapan dapat menggunakan beberapa lapisan material, seperti dimulai dari pasir, ijuk, dan kerikil. Ketiga lapisan material sebagai resapan ini dapat diulang kembali dengan urutan yang sama.

Untuk mendapatkan resapan yang baik dapat juga dengan membuat lubang resapan. Caranya buatlah lubang pada sisi septic tank, pasang pipa peralon yang telah dilubangi pada sisi-sisinya. Area pipa sebaiknya juga dibuat resapan menggunakan pasir, ijuk, dan kerikil.

Begitu pentingnya lapisan-lapisan itu sebagai media resapan air kotor di dalam septic tank, maka usahakan untuk membuat konstruksi resapan air kotor itu dengan sebaik-baiknya.

Tidak memasang pipa udara

Keberadaan pipa udara ini sangatlah penting karena ketika micro organisme sebagai pengurai kotoran tidak dapat hidup dengan baik maka septic tank juga akan cepat penuh. Selain sebagai media untuk sirkulasi udara, pipa udara juga dapat berfungsi untuk menghindari septic tank meledak. Jadi jangan lupa memasang pipa udara pada septic tank.

Membuang air sabun ke dalam septic tank

Air sabun yang masuk dalam septic tank dapat mematikan micro organisme pengurai kotoran, busa yang ditimbulkan dari sabun juga dapat mengangkat kotoran dalam septic tank. Jadi hindari membuang sabun pada wc.

Itulah hal-hal yang haru diperhatikan agar septic tank tidak cepat penuh. Agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu karena masalah septic tank yang cepat penuh, maka perlu juga menjaga agar pipa saluran pembuangan wc dapat berfungsi dengan baik.

Jika pipa saluran pembuangan tidak lancar, atasi segera sebelum benar-benar menjadi masalah yang serius.

Untuk menjaga agar pipa saluran pembuangan dapat mengalirkan air kotor dengan lancar dapat menggunakan campuran garam kerosok dengan air panas.

Caranya larutkan garam kerosok menggunakan seember air panas, aduk hingga seluruh garam larut kemudian tuang pada lubang wc/closet. Lakukanlah secara berkala untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada pipa.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.