Bikin Garasi untuk Mobil Seukuran Avanza atau Innova?

Bikin Garasi untuk Mobil Seukuran Avanza atau Innova?

Bikin Garasi untuk Mobil Seukuran Avanza atau Innova?

Membuat garasi mobil di rumah memang akan dipengaruhi dengan ketersediaan lahan, namun tentu saja tidak boleh serampangan terkait dengan ukurannya.


Pembuatan garasi mobil tanpa pertimbangan yang matang terkait dengan ukuran dan kemudahan ketika memasukan dan mengeluarkan mobil justru bisa saja garasi yang telah dibuat tak dapat difungsikan dengan baik.


Kalaupun dapat difungsikan, mungkin akan butuh perjuangan ketika memasukan ke garasi atau saat hendak mengeluarkannnya.


Garasi mobil yang ada seharusnya dapat menampung mobil yang dimiliki, mudah ketika memasukan mobil ke dalam garasi maupun saat mengeluarkannya.


Saat mobil berada di dalam garasi, seharusnya juga masih tersedia cukup ruang untuk lalu lalang setidaknnya seukuran satu orang dewasa.


Maka perhitungkanlah dengan sebaik-baiknya, jangan sampai salah ukuran agar garasi yang dibuat dapat difungsikan dengan baik.


Untuk membuat garasi mobil, mula-mula ketahui dulu dimensi ukuran mobil yang kelak akan menjadi penghuni dari garasi itu.


Ada 2 mobil yang dapat dijadikan acuan sebagai ukurannya, yaitu Avanza dan Kijang Innova. Kedua mobil ini setidaknya dapat dijadikan untuk acuan ketika membuat garasi karena banyak mobil yang mempunyai ukuran setara dengannya, kalaupun tak sama persis, paling tidak ukurannya tak jauh berbeda.


Mobil Avanza dan Kijang Innova mempunyai ukuran yang berbeda, Avanza berdimensi ukuran lebih kecil ketimbang Kijang Innova.


Berikut ukuran mobil Avanza dan Kijang Innova:


Nama Mobil Panjang Lebar Tinggi
Toyota Avanza 4.190 mm 1.660 mm 1.695 mm
Toyota Kijang Innova 4.585 mm 1.775 mm 1.750 mm
Toyota All New Kijang Innova 4.735 mm 1.830 mm 1.795 mm

Baca juga:

Macam-Macam Ukuran Mobil dari Berbagai Merek Kendaraan Bermotor


Ada sedikit perbedaan ukuran antara Kijang Innova dan All New Kijang Innova, tetapi kedua mobil ini tetap bisa dijadikan acuan untuk ukuran garasi yang lebih besar dari Avanza.


Setelah diketahui dan ditentukan dimensi ukuran mobil yang akan dijadikan dasar ukurannya, silakan tambahkan 100 cm – 120 cm untuk panjangnya dan 100 cm untuk lebarnya.


Namun untuk lebarnya bisa saja membutuhkan tambahan lebih dari 100 cm, manakala garasi berbatasan langsung dengan jalan sedangkan jalan tersebut tak memiliki lebar yang cukup sebagai area untuk berbelok mobil ketika masuk atau keluar dari garasi.


Jadi untuk lebarnya bisa saja membutuhkan tambahan 2 meter, tapi secara normal tambahan 1 meter sudah cukup.


Untuk tinggi garasi dapat di tambah 100 cm atau lebih dari ketinggian mobil, atau menyesuaikan dengan bangunan rumahnya. Semakin tinggi tentu akan semakin baik tetapi usahakan tetap proporsional dengan bangunan rumahnya.


Semakin tinggi garasinya akan membuat ruang menjadi terasa longgar, selain itu bisa juga difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang.


Baca juga:

Ukuran Garasi Mobil Seukuran Avanza

Membuat Garasi Mobil di Rumah Seukuran Kijang Innova

Ukuran Ideal Garasi di Rumah Kapasitas 1 dan 2 Mobil


Nah bagi yang memiliki lahan terbatas dapat membuat garasi mobil yang mengacu pada dimensi ukuran Avanza, tetapi jika lahan dimiliki cukup luas lebih baik membuat garasi seukuran Kijang Innova.


Keuntungan membuat garasi mobil yang mengacu pada dimensi ukuran Kijang Innova ialah garasi dapat menampung lebih banyak jenis mobil sehingga ketika kelak berganti mobil tak direpotkan dengan ukuran garasi yang telah dimiliki.


Ukuran garasi mobil Toyota Avanza dapat juga digunakan untuk garasi mobil:


Toyota Avanza Veloz, Toyota Calya, Toyota Etios, Toyota Vios, Toyota Yaris, Daihatsu Alya, Daihatsu sigra, Daihatsu Sirion, Daihatsu Xenia, Honda Brio, Honda Freed, Honda Jazz, Suzuki Baleno, Suzuki Ignis, Suzuki Jimny, Suzuki Karimun, Suzuki Vitara Brezza, Nissan Juke, Nissan March, Datsun Cross, Datsun GO, dan lain-lain.


Sedangkan untuk garasi mobil Kijang Innova, selain dapat memuat mobil yang seukuran Avanza juga dapat memuat mobil:


Kijang Innova, Kijang Kapsul, Toyota Rush, Toyota Sienta, Daihatstu Grand Max, Daihatsu Luxio, Daihatsu Taruna, Daihatsu Terios, Honda BRV, Honda City, Honda HRV, Honda Mobilio, Suzuki All New Ertiga, Suzuki APV Arena, Suzuki Carry, Mitshubishi Delica, Mitsubishi Xpander, Nissan Evalia, Nissan Grand Livina, Isuzu Panther, dan lain-lain.


Semoga bermanfaat...

Load comments