Membuat Garasi Mobil di Rumah Seukuran Kijang INNOVA

Membuat Garasi Mobil di Rumah Seukuran Kijang INNOVA

Membuat Garasi Mobil di Rumah Seukuran Kijang INNOVA

Bagi pemilik kendaraan roda 4, sudah semestinya jika tersedia garasi mobil di rumah. Selain untuk keamanan, mobil juga akan terlindung dari panas dan hujan.


Bagi yang telah memiliki carport atau halaman mungkin tidak begitu masalah jika tak memiliki garasi, tetapi jika rumah tidak tersedia biasanya pemiliki kendaraan akan memarkir kendaraannya di jalan depan rumah.


Tentu hal ini dapat mengganggu kepentingan umum, yaitu lalu lintas di jalan dimana mobil itu diparkir sehingga hal ini kerap menjadi permasalahan di lingkungan tempat tinggal.


Jadi memang sudah semestinya jika pemilik mobil mempunyai tempat penyimpanan kendaraan di rumah, agar tidak mengganggu kepentingan umum.


Baca juga: Perbedaan Carport dan Garasi


Membuat garasi mobil tidak boleh asal asalan dalam menentukan ukurannya. Salah ukuran bisa menyebabkan garasi itu tak dapat digunakan secara mudah, bahkan bisa saja tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.


Seperti sulit ketika memasukan dan mengeluarkan mobil, atau garasi tak memiliki cukup ruang untuk lalu lintas orang ketika mobil berada terparkir di dalamnya karena terlalu pas dengan ukurannya.


Maka sebelum membuat garasi, ketahui dulu ukuran mobilnya. Lalu pertimbangkan juga bagaimana tentang ketersedian ruang untuk lalu lintas orang, juga kemudahan ketika memasukan dan mengeluarkan mobil.


Jika lahan yang tersedia mencukupi, garasi seukuran kijang INNOVA atau All New Kijang INNOVA dapat diterapkan di rumah. Kendaraan ini memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga dapat menampung berbagai jenis mobil.


Ada banyak mobil yang seukuran Kijang INNOVA, seperti Honda Mobilio, Honda BRV, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki All New Ertiga, Nissan Grand Livina, dan lain-lain.


Baca juga: Macam-Macam Mobil yang Berdimensi Seukuran Kijang INNOVA


Lalu berapa ukuran garasi mobil Kijang Innova dan All New Kijang Innova itu?


Ada sedikit perbedaan ukuran antara Kijang Innova dan All New Kijang Innova, yaitu:


Kijang Innova berdimensi ukuran 4.585 mm x 1.775 mm x 1.750 mm, sedangkan All New Kijang Innova berukuran 4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm.


Setelah diketahui ukuran mobilnya, minimal tambahkan 1 meter untuk panjang dan lebarnya, untuk memberi celah antara dinding dengan mobil sehingga ada ruang untuk lalu lintas minimal 1 orang dewasa serta area bukaan pintu mobil dan garasi.


Untuk tingginya juga bisa ditambahkan minimal 1 meter atau menyesuaikan dengan bangunan. Semakin tinggi akan semakin baik, tetapi sebaiknya tetap proporsional dengan tinggi bangunan rumah.


Berikut ukuran garasi mobil Kijang Innova:


Panjang = 4.585 mm + 1.000 mm

= 5.585 mm; dibulatkan menjadi 5.600 mm (5.6 meter)
Lebar = 1.775 mm + 1.000 mm

= 2.775 mm; dibulatkan menjadi 2.800 mm (2.8 meter)
Tinggi = 1.750 mm + 1.000 mm

= 2.750 mm; dibulatkan menjadi 2.800 mm (2.8 meter)

Sedangkan ukuran garasi mobil All New Kijang Innova yaitu:


Panjang = 4.735 mm + 1.000 mm

= 5.735 mm; dibulatkan menjadi 5.800 mm (5.8 meter)
Lebar = 1.830 mm + 1.000 mm

= 2.830 mm; dibulatkan menjadi 2.900 mm (2.9 meter)
Tinggi = 1.795 mm + 1.000 mm

= 2.795 mm; dibulatkan menjadi 2.800 mm (2.8 meter)

Dari kedua ukuran garasi di atas, terlihat hanya ada sedikit perbedaan yaitu panjang 20 cm dan lebar 10 cm saja. Jadi walaupun garasi seukuran Kijang Innova sedikit lebih kecil, tetapi tentu saja muat untuk memarkir kendaraan All New Kijang Innova.


Garasi yang merujuk pada dimensi ukuran mobil Kijang Innova atau All New Kijang Innova ini bukan hanay dapat digunakan sebagai garasi jenis mobil lain yang berukuran setara saja, pastinya juga dapat digunakan sebagai garasi mobil yang berdimensi dibawahnya seperti Avanza, Xenia, Yaris, Honda Jazz, dan lain-lain.


Baca juga:


Dengan demikian ukuran garasi Innova ini cukup ideal diterapkan untuk garasi di rumah, karena dapat memuat berbagai jenis mobil.


Jika lahan mencukupi bikin saja garasi di rumah dengan ukuran 6 m x 3 m x 3 m, ini merupakan ukuran ideal garasi untuk 1 mobil.


Semoga bermanfaat...

Load comments