Fungsi Tali Air, Cekungan Keci di Sepanjang Kusen dan di Atas Plint Lantai

Fungsi Tali Air, Cekungan Keci di Sepanjang Kusen dan di Atas Plint Lantai

Fungsi Tali Air, Cekungan Keci di Sepanjang Kusen dan di Atas Plint Lantai

Bagi orang awam, mungkin banyak yang mengira jika cekungan atau coakan kecil di sepanjang kusen pintu dan jendela juga di atas plint lantai itu hanya sebagai hiasan semata yaitu cuma untuk memperindah tampilan bangunan.


Memang tidak salah jika menganggap cekungan kecil itu berfungsi untuk menambah estetika pada bangunan, tetapi sebenarnya ada fungsi yang lebih penting dari soal estetika loh...


Cekungan atau coakan di sepanjang kusen pintu dan jendela itu dalam istilah bangunan disebut tali air, merupakan kanal kecil yang berfungsi untuk mengalirkan air.


Seperti kita ketahui, tali air pada bangunan ini bukan hanya sering ditemukan pada openingan saja, tetapi juga kerap ditemui pada plint lantai tepatnya antara plint lantai dengan dinding di atasnya.


Fungsi tali air yang terletak antara kusen pintu dan jendela dengan dinding


Fungsi Tali Air, Cekungan Keci di Sepanjang Kusen dan di Atas Plint Lantai

Berukuran sekitar 2 cm x 1 cm terletak antara kusen dan dinding, tali air berfungsi untuk mengalirkan tetesan atau rembesan air agar tidak masuk ke dalam kusen, sehingga kusen menjadi lebih awet.


Jika air sering masuk ke dalam kusen, maka kusen menjadi lembab dan dalam jangka waktu tertentu dapat membuat kayu menjadi lapuk, busuk, berjamur, dan rusak. Apalagi jika kusen menggunakan kayu yang kurang berkualitas, pastinya tidak butuh waktu lama akan terjadi kerusakan pada kusen kayu.


Pembuatan tali air pada bukaan dinding bisa dilakukan setelah atau sebelum pemasangan kusen, yaitu pada saat pekerjaan plesteran dan acian.


Dalam pembuatan tali air itu sebaiknya menggunakan tenaga profesional, agar dapat berfungsi dengan baik dan memiliki tampilan yang rapi.


Dengan demikian tali air bukan hanya membuat kusen menjadi awet, tetapi secara estetika akan memperindah tampilan bangunan.


Baca juga: Perbedaan Plesteran dan Acian


Fungsi tali air yang terletak di atas plint lantai


Fungsi Tali Air, Cekungan Keci di Sepanjang Kusen dan di Atas Plint Lantai

Seperti halnya dengan tali air pada kusen, kanal kecil disepanjang plint lantai umumnya berukuran 1 cm x 1 cm atau 1 cm x 2 cm berfungsi untuk mengalirkan tetesan atau rembesan air pada dinding agar tidak jatuh di lantai.


Pembuatan cekungan kecil di atas plint lantai ini pada saat pekerjaan plesteran dan acian atau menggunakan profil “U”.


Pekerjaan tali air pada plint lantai sebaiknya juga menggunakan tenaga yang telah berpengalaman agar memiliki tampilan yang rapi, sehingga selain dapat mencegah aliran air dari dinding menuju ke lantai juga dapat menambah estetika tampilan bangunan.


Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tali air pada plint lantai agar dapat berfungsi dengan baik dan indah dipandang, karena tali air di atas plint lantai memungkinkan menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran.


Semoga bermanfaat...


Sumber: https://dpupkp.bantulkab.go.id/berita/201-fungsi-tali-air-pada-dinding-bangunan

Load comments