Ukuran Standar Panjang, Lebar, dan Ketebalan Triplek di Pasaran Beserta Harganya

Ukuran Standar Panjang, Lebar, dan Ketebalan Triplek di Pasaran Beserta Harganya

Ukuran Standar Panjang, Lebar, dan Ketebalan Triplek di Pasaran Beserta Harganya

Triplek atau plywood merupakan material bangunan dan furniture berbahan dasar kayu yang dioleh sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk lembaran/papan.


Proses pembuatan triplek atau yang juga dikenal dengan kayu lapis yaitu dengan merekatkan lembaran-lembaran vinir (veneer) yang disusun secara berlawanan antara lapisan yang satu dengan yang lainnya.


Vinir (veneer) yaitu lembaran papan tipis yang merupakan hasil sayatan atau irisan dari kayu, diproses dengan menggunakan mesin khusus dengan ketebalan yang disesuaikan dengan kebutuhan.


Baca juga: Vinir (veneer) Kayu dan Cara Pembuatannya


Lembaran-lembaran vinir yang telah tersusun dan direkatkan menggunakan lem khusus, kemudian dipres dengan tekanan tinggi dan selanjutnya dikeringkan.


Lalu lembaran-lembaran triplek yang telah jadi itu dipotong dengan ukuran yang diinginkan.


Dewasa ini seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin banyak digunakannya triplek dalam berbagai keperluan, jenis triplek pun semakin berkembang dengan berbagai varian produk sehingga semakin membuat daya gunanya lebih tinggi.


Dalam bangunan, triplek banyak digunakan untuk membuat sekat ruang dan pintu sedangkan untuk furniture triplek banyak digunakan untuk membuat rak, meja, kitchen set, dan lain-lain.


Selain bangunan dan furniture, triplek banyak digunakan juga untuk keperluan lain seperti alas banner, alas pigura, alas dipan (tempat tidur), kerajinan, dan sebagainya.


Jadi triplek memang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, sehingga tak heran jika material bangunan dan furniture ini banyak diminati oleh banyak orang.


Nah jika Anda tertarik untuk menggunakan triplek, sebelum membelinya ada baiknya mengetahui ukuran standar yang dijual di pasaran sehingga dapat menghitung berapa lembar yang dibutuhkan.


Perlu juga mengetahui varian ketebalannya, agar dapat menentukan seberapa tebal triplek yang dibutuhkan.


Semakin tebal tentu saja akan semakin kuat, tetapi berbeda ketebalan pastinya juga akan berbeda harganya.


Ukuran standar papan triplek yang dijual dipasaran:


Panjang = 2.440 mm (244 cm)
Lebar = 1.220 mm (122 cm)
Tebal = 3, 4, 6, 9, 12, 15, 18 mm


Perkiraan harga triplek per lembar menurut ketebalannya:


Ketebalan Triplek Perkiraan Harga
3 mm Rp. 43.000
4 mm Rp. 54.000
6 mm Rp. 65.000
9 mm Rp. 85.000
12 mm Rp. 130.000
15 mm Rp. 160.000
18 mm Rp. 185.000


Perlu diketahui bahwa diinternet terdapat informasi harga triplek yang beragam, bahkan antara toko yang satu dan lainnya pada toko online pun juga ditemukan adanya perbedaan harga.


Perbedaan wilayah bisa saja berpengaruh terhadap perbedaan harga, dan setiap waktu dimungkinkan harga triplek bisa saja mengalami perubahan.


Maka untuk keakuratan informasi terkait harga papan triplek per lembarnya, silakan cek langsung ke toko bahan bangunan di wilayah Anda.


Semoga bermanfaat...

Load comments