Ukuran Standar Triplek di Pasaran Beserta Perkiraan Harganya

Ukuran standar triplek/kayu lapis/plywood di pasaran yaitu panjang 2440 mm, dan lebar 1220 mm, ketebalannya mulai 3 mm hingga 18 mm.

Triplek atau plywood atau yang dikenal juga dengan kayu lapis merupakan material bangunan dan furniture berbahan dasar kayu yang dioleh sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk lembaran atau papan. Proses pembuatan triplek yaitu dengan merekatkan lembaran-lembaran vinir (veneer) yang disusun secara berlawanan antara lapisan yang satu dengan yang lainnya.

Vinir (veneer) yaitu lembaran papan tipis yang merupakan hasil sayatan atau irisan dari kayu, diproses dengan menggunakan mesin khusus dengan ketebalan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Ukuran Standar Triplek di Pasaran Beserta Perkiraan Harganya

Lembaran-lembaran vinir yang telah tersusun dan direkatkan menggunakan lem khusus, kemudian dipres dengan tekanan tinggi dan selanjutnya dikeringkan. Lalu lembaran-lembaran triplek yang telah jadi itu dipotong dengan ukuran yang diinginkan.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin banyak digunakannya triplek dalam berbagai keperluan, jenis triplek pun semakin berkembang dengan berbagai varian produk sehingga semakin memiliki daya guna yang lebih beragam.

Dalam bidang bangunan, triplek banyak digunakan untuk membuat sekat ruang dan pintu sedangkan pada furniture atau perabotan rumah banyak digunakan untuk membuat rak, meja, kitchen set, dan sebagainya. Selain bangunan dan furniture, triplek banyak digunakan juga untuk kerajinan tangan seperti untuk membuat hiasan atau pernak-pernik.

Jadi triplek memang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, sehingga tak heran jika material bangunan dan furniture ini banyak diminati oleh banyak orang.

Nah jika Anda tertarik untuk menggunakan triplek, sebelum membelinya ada baiknya mengetahui ukuran standar di pasaran sehingga dapat menghitung berapa lembar yang dibutuhkan. Perlu juga mengetahui varian ketebalannya, agar dapat menentukan seberapa tebal triplek yang dibutuhkan. Semakin tebal tentu saja akan semakin kuat, tetapi berbeda ketebalan pastinya juga akan berbeda harganya.

Dimensi ukuran standar papan triplek yang di pasaran:

Panjang 2.440 milimeter (244 centimeter)
Lebar 1.220 milimeter (122 centimeter)
Tebal 3, 4, 6, 9, 12, 15, 18 milimeter

Perkiraan harga triplek per lembar menurut ketebalannya:

Ketebalan Triplek Perkiraan Harga
3 milimeter Rp. 43.000
4 milimeter Rp. 54.000
6 milimeter Rp. 65.000
9 milimeter Rp. 85.000
12 milimeter Rp. 130.000
15 milimeter Rp. 160.000
18 milimeter Rp. 185.000

Perlu diketahui bahwa di internet terdapat informasi harga triplek yang beragam, bahkan antara toko yang satu dan lainnya pada toko online pun juga ditemukan adanya perbedaan harga. Perbedaan wilayah bisa saja berpengaruh terhadap perbedaan harga, dan setiap waktu dimungkinkan harga triplek bisa saja mengalami perubahan

Daftar harga di atas hanyalah sebagai perkiraan saja, untuk informasi yang lebih akurat silakan cek langsung ke toko bahan bangunan di wilayah Anda.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.