Cara Tepat Memilih Sofa yang Pas untuk Rumah

Jangan sembarangan memilih sofa, perlu pertimbangan yang matang sebelum membelinya. Agar sofa nantinya dapat difungsikan secara maksimal, baik sebagai tempat duduk maupun pemanis ruangan.
Cara Tepat Memilih Sofa yang Pas untuk Rumah

Keberadaan sofa pada sebuah rumah ternyata bukan hanya semata-mata berfungsi sebagai tempat duduk saja, namun ia juga merupakan elemen pembentuk ruang. Dengan pemilihan yang tepat, estetika pada sebuah ruang akan didapatkan. Namun sebaliknya jika salah pilih bisa saja malah tak enak dipandang, bahkan dapat membuat ruang menjadi terkesan sumpek.

Agar tidak salah pilih, maka sebelum membelinya perhatikan beberapa hal di bawah:

Tentukan Budgetnya

Harga menjadi sangat penting, karena ini berhubungan dengan alokasi dana yang tersedia. Biasanya semakin berkualitas juga akan semakin mahal, jadi memang benar jika ada harga ada rupa. Namun tetap sesuaikan dengan budget yang ada, jangan dipaksakan jika itu diluar kemampuan daripada dapat menggangu pemenuhan kebutuhan yang lainnya. Atau silakan menabung terlebih dahulu, hingga cukup untuk membeli sofa sesuai dengan yang diimpi-impikan.

Tentukan Ruangnya

Ini menjadi sangat penting karena pada dasarnya fungsi ruang berbeda-beda, luas dan nuansa yang ditonjolkan juga dapat berbeda. Maka agar tidak salah pilih tentukan terlebih dahulu diruang mana akan ditempatkan dan untuk siapa sofa itu?

Tata Letak

Setelah menentukan ruang penempatannya, perhatikan juga tata letaknya karena ini akan berkaitan dengan ukuran dari sofa yang akan Anda beli. Jadi tentukan dimana dan bagaimana letak serta penataan dari sofa itu nantinya, apakah akan diletakkan di sudut atau pada bagian ruang yang lainnya?

Ukuran

Sesuaikan dengan ukuran ruangnya juga tempat yang tersedia, jangan sampai membuat ruang malah jadi terlihat sumpek karena ukuran yang terlalu besar. Jadi ukurlah dengan cermat baik panjang maupun lebarnya, agar pas sehingga tidak mengganggu kenyamanan dalam beraktifitas sehari-hari nantinya.

Model

Silakan pilih sesuai dengan selera Anda namun jangan mengesampingkan dari gaya rumah, atau paling tidak usahakan agar selaras dengan tema ruangnya. Sebagai bahan pertimbangan, sebelum membeli silakan mencari di internet terlebih dahulu karena di sana banyak sekali contoh sofa dengan berbagai model. Atau dapat juga melihat langsung pada toko-toko furniture penjualnya, agar menemukan sofa dengan kriteria yang pas untuk rumah Anda.

Perlu juga diperhatikan tentang bagaimana kenyaman ketika mendudukinya, jadi jangan hanya terfokus pada desainnya saja. Ketika hendak membeli cobalah untuk mendudukinya, rasakan apakah nyaman atau tidak?

Idealnya sofa dapat menampung badan secara penuh, kaki Anda juga dapat menyentuh lantai dengan sempurna dan merasa nyaman ketika mendudukinya. Jadi selain diselaraskan dengan tema ruangnya, sebaiknya sesuaikan juga untuk siapa sofa itu?

Baca juga:

Warna

Setiap orang dapat memiliki warna favorit yang berbeda, namun tetaplah untuk menyesuaikannya dengan warna dinding serta elemen pembentuk ruang yang lainnya agar estetika dapat tercipta.

Motif

Selain warna, jika Anda memilih sofa yang bermotif sebaiknya juga diselaraskan dengan tema rumah dan ruangnya. Misalnya untuk rumah minimalis, sebaiknya tidak bermotif bulat atau lengkungan-lengkungan karena minimalis akan cocok dengan garis-garis yang tegas. Namun untuk amannya pilihlah yang polos saja.

Bahan Pembungkus

Antara sofa yang “terbungkus” kain atau kulit sintetis dapat mempunyai perbedaan, baik dalam perawatan maupun keawetannya. Silakan pilih sesuai dengan selera dan ketersediaan dana, karena semakin berkualitas tentu akan berpengaruh pada harganya.

Itulah hal-hal yang sebaiknya diperhatikan ketika hendak membeli sofa, intinya adalah pilihlah sesuai dengan kebutuhan yang diselaraskan dengan ruang, untuk siapa sofa itu, serta seberapa besar budgetnya.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.