Tips Menata Ruang Dapur yang Sempit agar Rapi, Lega, dan Sehat

Walau ruang dapur sempit, haruslah rapi, lega, dan sehat agar nyaman ketika digunakan untuk memasak.

Dapur merupakan salah satu ruang pada rumah tempat tinggal yang penting keberadaannya. Namun dikala lahan yang tersedia sangatlah terbatas, mungkin ruang ini tak akan mendapatkan jatah lahan dengan luas yang lebih dari cukup.

Dapur memang tak harus berukuran luas, namun juga harus dipertimbangkan tentang bagaimana kenyamanan ketika menggunakan ruang ini. Sebaiknya juga nyaman ketika di pandang, agar tak membuat rasa sumpek di mata.

Jika memang ukuran dapur hanya mendapat alokasi lahan yang terbatas, berarti harus pandai-pandai menatanya agar nyaman di mata juga ketik menggunakannya. Penataan yang tepat juga akan membuatnya tampak rapi, indah, dan sehat.

Berikut tips menata ruang dapur yang sempit agar rapi, lega, dan sehat sehingga nyaman digunakan:

Gunakan kitchen set

Kitchen set merupakan furniture berbentuk lemari kabinet yang berfungsi untuk menyimpan perkakas dapur. Kurangi menempatkan berbagai perkakas pada rak dapur, jika memungkinkan untuk tidak menggunakan rak maka dapur akan tampak rapi dan lapang.

Jadi simpan perkakas-perkakas dapur di dalam lemari (kitchen set) saja. Namun jangan semua di simpan dalam lemari, pastinya kapasitas dari lemari itu juga terbatas. Silakan pilih yang sering di pakai saja, perkakas yang jarang digunakan dan usang dapat disimpan pada ruang yang lain.

Fungsikan area sekitar wastafel sebagai tempat untuk meniriskan peralatan dapur sehabis dicuci

Jika selama ini menggunakan rak dapur untuk meniriskan peralatan dapur setelah di cuci, coba gunakan area di sekitar wastafel untuk meniriskannya sebelum disimpan pada lemari. Dengan demikian Anda dapat menyingkirkan rak itu untuk membuat dapur tampak lega.

Letakan peralatan kebersihan dapur di bawah wastafel

Gunakan area bawah wastafel untuk menyimpan berbagai peralatan kebersihan dapur, termasuk juga sabun cuci piring. Area ini juga dapat dimanfaatkan untuk meletakan tempat sampah, dengan demikian area lantai juga akan menjadi lega dan terlihat rapi.

Gunakan warna yang cerah

Warna yang cerah akan memberikan kesan ruang menjadi tampak luas, selain itu juga akan menghemat pemakaian energi listrik karena sinar lampu akan lebih terang. Atau bisa juga mengkombinasikannya dengan warna gelap, yang terpenting ada warna dominan yang cerah. Warna-warna itu bisa dikombinasikan untuk dinding, lantai, plafon, dan kitchen setnya.

Pastikan dapur mendapat cahaya serta udara yang alami

Cahaya serta udara alami yang cukup akan membuat ruang dapur menjadi terang dan segar, sehingga akan menghadirkan suasana yang nyaman. Walaupun ruang dapur berukuran sempit namun tetap nyaman ketika memasak, karena ada kesan lega dan segar serta sehat.

Cahaya alami juga akan menghemat pemakaian listrik, karena tak perlu menyalakan lampu ketika memasak di siang hari.

Itulah beberapa hal yang dapat dicoba untuk menata ruang dapur sempit agar terasa lega, rapi, juga sehat sehingga nyaman berada di dalamnya. Bukan itu saja, bahkan bisa menghemat pemakaian energi listrik untuk lampu di siang hari.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.