4 Jenis Bus Pariwisata Menurut Kapasitas Tempat Duduknya

Macam jenis bus pariwisata: Micro Bus, Medium Bus, Junior Bus, dan Big Bus. Download gratis denah kursi bus pariwisata format file Excel
4 Jenis Bus Pariwisata Menurut Kapasitas Tempat Duduknya

Beda jenis bus pariwisata berbeda pula ukuran, kapasitas, dan besaran sewanya. Maka sebelum menyewanya ketahui lebih dulu jenis-jenisnya agar dapat disesuaikan dengan destinasi wisata yang akan dikunjungi, jumlah peserta, dan budgetnya.

Sesuai dengan destinasi wisata yang akan dikunjungi artinya terkait dengan akses jalan, perlu mempertimbangkannya agar bus pariwisata tidak ada kendala di jalan. Jika jalannya sempit tentu bus yang berukuran besar akan sulit menjangkau hingga destinasi wisata tujuan.

Jumlah peserta juga perlu dijadikan pertimbangan, karena harga sewa bus akan tetap sama walau kursi tidak terisi secara penuh oleh peserta wisata.

Dengan budget yang tinggi tentu dapat memilih bus pariwisata besar dengan setelan tempat duduk tidak penuh, misalnya bus pariwata berkapasitas maksimal 50 hanya diisi kursi sejumlah 40. Dengan demikian akan terasa longgar, sehingga akan lebih nyaman.

Semakin besar kapasitasnya tentu akan semakin besar ukurannya, tarif sewanya juga bisa lebih tinggi. Maka jika budget yang tersedia pas-pasan, hendaknya menyewa bus pariwisata sesuai dengan dana yang tersedia saja.

Misalnya jika peserta hanya berjumlah 35 orang maka bisa menyewa jenis bus pariwisata yang berkapasitas sesuai dengan jumlah pesertanya saja, agar biaya yag dikeluarkan tidak terlalu tinggi. Namun jika ingin lebih nyaman bisa menggunakan bus berkapasitas di atas 35 dengan setelan kursi menyesuaikan jumlah peserta.

Berikut 4 jenis bus pariwasata berdasarkan kapasitas tempat duduknya:

Micro Bus

Merupakan jenis kendaraan pariwisata roda 4, mikro bus lebih akrab disebut dengan elf. Pastinya jenis ini memiliki ukuran dan kapasitas paling kecil jika dibandingkan dengan bus pariwasata lainnya, jadi cocok untuk rombongan wisata keluarga atau untuk peserta wisata dengan jumlah 10 hingga 20 orang.

Menurut kapasitasnya, ada 2 macam micro bus yaitu:

  • Microbus Short, kapasitas tempat duduk 16 seat (1 seat sopir dan 15 seat penumpang).
  • Microbus Long, kapasitas tempat duduk 20 seat (1 seat sopir dan 19 seat penumpang).

Medium Bus

Bus pariwasata jenis medium sering dikenal juga dengan nama bus 3/4, bus pariwisata jenis ini berkapasitas kursi mulai dari 29, 31, 33, hingga 35. Ukuran bus berkapasitas 35 lebih panjang dari pada yang maksimal 33 seat. Tatanan tempat duduknya 2-2 di samping kanan dan kiri, deretan paling belakang berjumlah 5 seat.

Junior Bus

Junior bus berkapasitas maksimal 39 tempat duduk dengan tatanan seat 2-2, deretan tempat duduk paling belakang berjumlah 5 seat ada juga yang diseting 3 seat.

Kapasitas dan ukuran body junior bus lebih besar daripada bus pariwisata jenis medium, jadi junior bus bukanlah bus pariwisata jenis medium yang ditambah tempat duduknya.

Big Bus

Merupakan jenis bus pariwisata berukuran dan berkapasitas besar yang banyak digunakan untuk transportasi wisata.

Menurut tatanan kursinya ada 2 macam yaitu:

  • Big Bus Seat 2-2 dengan kapasitas tempat duduk maksimal 48 hingga 50 kursi. Jika kursi ditata menjadi 50 seat, biasanya fungsi pintu belakang dimatikan karena posisi kursi berada di area tangga pintu belakang.
  • Big Bus Seat 2-3 dengan kapasitas tempat duduk maksimal 59 kursi.

Itulah 4 jenis bus pariwisata yang sering digunakan sebagai sarana transportasi wisata.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.