Ukuran Garasi 1 Mobil 1 Motor

Ukuran minimal garasi 1 mobil 1 sepeda motor, ukuran standar garasi 1 mobil 1 sepeda motor, ukuran ideal garasi 1 mobil 1 sepeda motor.

Garasi menjadi suatu kebutuhan yang seharusnya terpenuhi oleh pemilik kendaraan bermotor. Dengan adanya garasi, kendaraan menjadi lebih aman dari segala cuaca dan perilaku oknum yang tidak bertanggung jawab. Memiliki garasi juga berarti kendaraan mempunyai tempat penyimpanan tersendiri sehingga tidak menganggu aktifitas baik diri sendiri maupun orang lain.

Pembuatan garasi tentu akan dipengaruhi oleh seberapa luas lahan yang tersedia. Bagi yang memiliki lahan dengan luas terbatas, tentu harus cermat dalam menentukan ukurannya. Salah ukuran bisa saja menyebabkan garasi tak dapat difungsikan secara mudah.

Dalam menentukan ukuran garasi, bukan hanya dimensi kendaraan saja yang menjadi pertimbangan. Namun area untuk lalu lalang ketika kendaraan berada di dalam garasi juga harus menjadi perhatian. Area untuk buka tutup pintu juga jangan dikesampingkan, walaupun memang sistem buka tutup pintu dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Seperti halnya ketika ingin membuat garasi mobil sekaligus menyatu dengan sepeda motor, maka anda perlu mempertimbangkan ukurannya secara cermat.

Buatlah garasi secara melebar, artinya mobil dan sepeda motor dapat diletakkan secara berdampingan di kanan atau kiri bukan depan belakang. Alasannya agar lebih mudah dan tidak merepotkan saat harus cepat mengeluarkan atau memasukkan mobil.

Usahakan agar garasi dapat memuat mobil yang cukup besar seperti Mitsubishi Pajero atau Toyota Fortuner misalnya, walaupun mobil yang anda miliki tak sebesar Pajero atau Fortuner. Alasannya agar jika kelak anda berganti mobil sudah tak dipusingkan lagi dengan ukuran garasinya.

Seperti kita ketahui, Pajero Sport memiliki dimensi ukuran 4.825 mm x 1.815 mm x 1.835 mm (pxlxt), sedangkan Fortuner berdimensi ukuran 4.795 mm x 1.855 mm x 1.835 mm (pxlxt). Itu artinya garasi yang dibuat setidaknya dapat memuat mobil berukuran panjang 4,8 meter dan lebarnya 1,8 meter. Maka beri ruang khusus untuk mobil panjangnya 5 meter dan lebarnya 2 meter, dengan demikian garasinya akan sangat memungkinkan dapat memuat berbagai jenis ukuran mobil.

Maka beri ruang khusus untuk mobil panjangnya 5 meter dan lebarnya 2 meter, dengan demikian garasinya akan sangat memungkinkan dapat memuat berbagai jenis ukuran mobil. Untuk lebar 2 meter sudah termasuk jeda antara samping mobil dengan dinding yaitu 20 cm.

Selanjutnya pertimbangkan area untuk sepeda motor, karena garasi akan dibuat secara melebar maka ketahui lebarnya. Rata-rata sepeda motor memiliki dimensi ukuran panjang 180 cm - 220 cm dan lebarnya sekitar 60 cm - 80 cm, maka anggap saja rata-rata panjang sepeda motor 220 cm dan lebarnya 80 cm.

Sediakan pula area untuk lalu lalang seukuran orang dewasa, yaitu 70 cm hingga 100 cm. Sediakan juga ruang antara mobil dengan dinding sekitar 20 cm, juga antara mobil dan pintu sekitar 80 cm hingga 100 cm atau kurang dari itu tergantung lahan yang tersedia dan sistem bukaan pintunya.

Nah dari data di atas dapat ditentukan ukuran minimal, standar, dan idealnya garasi yang memuat 1 mobil dan 1 sepeda motor seperti contoh berikut ini.

Ukuran Minimal Garasi 1 Mobil 1 Sepeda Motor

Panjang Garasi 6 meter
Lebar Garasi 3,6 meter
Ukuran Garasi 1 Mobil 1 Motor

Ukuran mobil dan sepeda motor pada gambar di atas diasumsikan:
Mobil = Panjang 500 cm, lebar 180 cm
Motor = Panjang 220 cm, lebar 80 cm

Dari gambar di atas dapat kita lihat jika ukuran garasi untuk 1 mobil dan 1 motor yaitu 6 m x 3,6 m (pxl)

Area selebar 160 cm di samping mobil dapat difungsikan untuk memarkir sepeda motor sekaligus sebagai ruang untuk beraktifitas atau lalu lalang ketika mobil dan sepeda motor berada di dalam garasi.


Ukuran Standar Garasi 1 Mobil 1 Sepeda Motor

Panjang Garasi 6 meter
Lebar Garasi 3,8 meter
Ukuran Garasi 1 Mobil 1 Motor

Ukuran mobil dan sepeda motor pada gambar di atas diasumsikan:
Mobil = Panjang 500 cm, lebar 180 cm
Motor = Panjang 220 cm, lebar 80 cm

Ukuran standar garasi untuk 1 mobil dan 1 motor pada gambar di atas yaitu 6 m x 3,8 m (pxl)

Area selebar 180 cm di samping mobil cukup luas digunakan untuk memarkir sepeda motor sekaligus sebagai area untuk lalu lalang seukuran orang dewasa ketika mobil dan sepeda motor berada di dalam garasi.


Ukuran Ideal Garasi 1 Mobil 1 Sepeda Motor

Panjang Garasi 6 meter
Lebar Garasi 4 meter
Ukuran Garasi 1 Mobil 1 Motor

Ukuran mobil dan sepeda motor pada gambar di atas diasumsikan:
Mobil = Panjang 500 cm, lebar 180 cm
Motor = Panjang 220 cm, lebar 80 cm

Ukuran garasi pada gambar di atas sangatlah ideal untuk 1 mobil dan 1 motor yaitu 6 m x 4 m (pxl)

Area selebar 2 meter di samping mobil cukup longgar digunakan untuk memarkir sepeda motor sekaligus sebagai area untuk beraktifitas seperti lalu lalang seukuran orang dewasa ketika mobil dan sepeda motor berada di dalam garasi.


Itulah ukuran minimal, standar, dan idealnya garasi untuk 1 mobil sekaligus 1 sepeda motor. Untuk tinggi garasi, semakin tinggi tentu saja semakin baik. Semakin tinggi tentu saja membuat garasi terasa longgar dan tidak pengap.

Tinggi garasi 3 meter hingga 4 meter sepertinya sudah sangat cukup baik.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.