Tips Memilih Warna Cat untuk Plafon Rumah

Cat warna putih banyak digunakan pada plafon rumah, jika ingin warna yang lain perhatikan tips berikut ini
Tips Memilih Warna Cat untuk Plafon Rumah

Pada umumnya banyak yang memilih cat warna putih untuk diaplikasikan pada plafon rumah, tentu saja hal ini bukan karena tanpa alasan. Selain dapat selaras dengan berbagai macam warna cat dinding, memang pemilihan warna putih ini dapat membuat ruangan menjadi tampak terang.

Memberikan sentuhan warna cat selain putih memang akan menghadirkan suasana baru, bahkan dengan pemilihan yang tepat dapat memberikan nuansa keindahan pada ruangan. Tetapi jika kurang tepat dalam memilihnya justru dapat menjadikan ruang menjadi tak indah lagi.

Maka jika Anda berkeinginan memilih warna cat selain putih untuk diaplikasikan pada plafon rumah, pertimbangkanlah dengan sebaik-baiknya dalam memilih warnanya. Jangan sampai warna cat yang dipilih justru mengurangi keindahan bahkan membuat suasana ruang menjadi tak nyaman.

Berikut tips dalam memilih warna cat plafon rumah:

Perhatikan pencahayaan alami

Pencahayaan alami menjadi sangat penting bagi ruangan, ketika suasana ruang tampak gelap pastinya akan sering menghidupkan lampu dan ini dapat menyebabkan pemborosan penggunaan energi listrik di rumah.

Maka bagi ruang yang kurang pencahayaan secara alami, warna plafon yang paling tepat adalah putih. Maka jika ingin memilih warna selain putih perhatikan dahulu pencahayaan pada ruang itu.

Begitu juga pada malam hari, nyala lampu akan terasa lebih terang pada plafon warna putih sehingga tidak membutuhkan lampu dengan watt yang besar. Dengan demikian jika menginginkan suasana terang dan lebih hemat listrik, pilih saja cat warna putih untuk plafon rumah.

Perhatikan ketinggian plafon

Kurang tepat mengaplikasikan warna gelap pada plafon rendah karena akan menciptakan kesan sempit pada ruangan. Warna gelap memang dapat menciptakan kesan hangat pada ruangan, tetapi jika tidak didukung oleh tinggi plafon yang memadai justru akan terasa sumpek ketika berada pada ruang itu.

Perhatikan warna cat dinding

Putih adalah warna netral sehingga dapat selaras dengan berbagai macam warna cat dinding. Jika ingin memilih warna selain putih, selaraskanlah dengan warna cat dindingnya agar tampak serasi sehingga tercipta keindahan pada ruang itu.

Suasana yang diinginkan

Warna terang seperti kuning dapat menciptakan kesan luas pada ruangan sedangkan warna gelap seperti coklat atau krem dapat menciptakan suasana hangat pada ruangan. Jika menginginkan nuansa ketenangan maka warna biru adalah pilihannya.

Itulah tips dalam menentukan warna plafon rumah, sebaiknya pertimbangkanlah dengan sebaik-baiknya dalam menentukannya karena bukan keindahan saja yang menjadi prioritas tetapi kenyamanan juga merupakan suatu yang penting.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.