Tips Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Tips Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Tips Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kamar tidur merupakan bilik tempat tidur sedangkan minimalis memiliki arti yaitu berkenaan dengan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan terbaik.


Jadi kamar minimalis dapat diartikan sebagai bilik tempat tidur dengan desain dari unsur-unsur yang sederhana atau simple untuk mendapatkan kesan terbaik. Unsur-unsur tersebut merupakan segala sesuatu sebagai elemen penyusun ruang, seperti tempat tidur, seprai, selimut, tirai, meja, rak buku, warna cat dinding, pernak-pernik, dan lain-lain.


Berikut tips dalam mendesain kamar tidur minimalis


Pilih warna cat dinding yang netral


Pilihlah warna-warna netral untuk dinding kamar tidur, seperti putih, abu-abu, coklat muda, atau warna-warna pastel. Warna putih akan memberikan kesan bersih, terang, dan luas sehingga cocok untuk kamar tidur yang minim cahaya. Abu-abu dan coklat muda dapat diterapkan pada kamar yang memiliki cahaya alami secara melimpah, sehingga kamar tidur tidak menjadi gelap.


Baca juga:


Mengaplikasikan warna cat yang gelap pada kamar minim cahaya matahari bukan hanya dapat menyebabkan kamar terkesan gelap dan sempit, tetapi juga bisa menyebabkan pemborosan pemakaian energi listrik karena akan lebih banyak menyalakan lampu.


Baca juga: Cara Cermat Menghemat Listrik untuk Lampu di Rumah


Pilih cat plafon warna putih


Penting juga memilih warna plafon yang tepat, terlebih lagi jika ukuran kamar tidur mungil. Pilihlah warna putih untuk plafon kamar tidur, selain terang dan bersih juga akan mengesankan ruangan tampat luas.


Baca juga: Tips Memilih Warna Cat untuk Plafon Rumah


Perhatikan model, ukuran, dan arah tempat tidur


Pilihlah model tempat tidur yang sederhana, akan lebih baik jika memilih tempat tidur yang kepala dan kolongnya dapat dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Selain modelnya, sesuaikan juga ukurannya agar pas dengan ukuran kamarnya. Tentukan juga arahnya secara tepat agar kamar tidur tampak lega.


Gunakan seprai, selimut, dan tirai jendela berwarna netral juga bermotif sederhana


Seprai, selimut, dan tirai jendela termasuk elemen pembentuk ruang, sehingga pemilihan yang tepat akan mendukung desain minimalis pada kamar tidur. Pilihlah yang berwarna netral dan tak banyak motif, akan lebih baik lagi jika memilih yang polos atau tanpa motif.


Pilih ukuran lemari pakain yang pas


Pada umumnya setiap kamar tidur akan terdapat lemari pakaian di dalamnya. Pilihlah lemari pakain dengan ukuran yang tepat, atur juga penempatnya secara tepat agar kamar tidur tampak lega dan tidak mengganggu aktifitas di dalamnya.


Baca juga:


Kreasikan tempat penyimpanan unik pada dinding


Manfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan yang unik dan tampak kreatif. Gunakan rak melayang yang ditempelkan pada dinding untuk menyimpan buku, foto, pernak-pernik, atau barang-barang lainnya yang ingin dipajang, tetapi gunakan seperlunya saja dan jangan berlebihan.


Hindari hiasan dinding yang berlebihan


Memasang aksesoris berlebih pada dinding hanya akan mengilangkan ciri dari minimalis, maka janganlah berlebihan jika ingin menghias dinding kamar tidur agar kesan minimalisnya tidak hilang. Cukup pasang foto atau lukisan dengan warna dasar yang sesuai dengan warna cat kamar tidurnya.


Gunakan cermin untuk menciptakan kesan luas pada kamar tidur


Memasang cermin yang besar pada kamar tidur bukan hanya dapat digunakan untuk berkaca, tetapi juga akan menciptakan ilusi optika sehingga ruangan menjadi tampak luas. Cermin juga dapat memantulkan cahaya, sehingga ruanggan menjadi lebih terang.


Berikut contoh model tempat tidur minimalis:



Itulah tips dalam mendesain kamar minimalis, bagaimana mudah bukan?

Load comments